Sabtu, 07 Juni 2014

 

Bagaimana cara menggunakan Hyperdia.com | Search Details

Bagaimana cara menggunakan Hyperdia.com secara singkat sudah saya jelaskan sebelumnya disini namun terkadang kita perlu memodifikasi pencarian kita, misalnya kita tak ingin menggunakan pesawat dalam rute perjalanan, ingin melewati stasiun tertentu atau bahkan hanya memilih jalur kereta tertentu saja. Semua itu bisa diatur dalam Menu Search Details.

Search Details Hyperdia.com

Klik Search Details maka form isian Timetable and Route Search akan memanjang seperti gambar disamping. Bagaimana cara mengisinya, berikut saya sampaikan penjelasan singkatnya. 

From s/d Type sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya disini.

Selanjutnya adalah kolom Via1, Via2 dan Via3. Kolom ini digunakan bila kita ingin perjalanan kita "mampir" alias via stasiun tertentu. Misal dari Kansai Airport kita ingin pergi ke Kyoto dengan melewati Stasiun Osaka. Maka kita isi Val1 dengan Osaka.

Order, ada 3 variabel yang kita bisa pilih untuk mengurutkan hasil pencarian kita, Time, Transfer dan Money. Terserah kita mau "sort" sesuai dengan apa. Saya kebanyakan dan bahkan selalu memilih Time untuk pilihan Order ini. Jika ingin mengurutkan berdasarkan biaya perjalanan maka kita harus memilih Money dan Transfer untuk pilihan berdasarkan berapa banyaknya kita harus pindah kereta.

Max Route digunakan untuk memilih berapa rute yang ingin ditampilkan. Min 5 dan max adalah 10.

Setelah itu kita memilih Vehicle Type, uncheck apabila jenis kendaraan tidak ingin ada dalam rute kita. Pengalaman trip kemarin biasanya saya akan uncheck Airplane dan Nozomi/Mizuho/Hayabusa (Shinkansen).

Terakhir adalah Corp, Uncheck Private Railway apabila hanya ingin menggunakan kereta api dari Japan Railway (JR). Tidak semua stasiun terhubung oleh JR maka sebaiknya pilih dua-duanya saja.

Selamat bekerja.

Label: , , ,


Komentar: Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]