Jumat, 06 Juni 2014

 

Bagaimana cara menggunakan Hyperdia.com

Hyperdia.com apaan sih? Hyperdia.com merupakan website yang menyediakan rute dan jadwal perjalanan kereta api dan penerbangan di Jepang. Ini sangat membantu saya sekali dalam menentukan rute perjalanan yang akan dipilih. Informasi yang dapat kita ketahui diantaranya adalah jadwal keberangkatan, jadwal tiba, lama perjalanan, harga tiket, jarak yang ditempuh, berapa kali transfer dan jenis kereta/pesawat yang digunakan. Hyperdia.com tersedia dalam 3 bahasa, Jepang tentunya, China dan Inggris.

Home page Hyperdia.com

Sebagai contoh, berikut apa yang saya lakukan dengan Hyperdia.com. Kami mendarat di Kansai International Airport setelah itu kami akan melanjutkan perjalanan ke hotel. Stasiun terdekat dengan hotel adalah Namba (Subway) maka kami akan input nama-nama stasiun tersebut kedalam Hyperdia.com

Form Timetable and Route Search Hyperdia.com
Note cara input Hyperdia.com
Isi from dengan stasiun awal dan to dengan stasiun tujuan. Hati-hati dengan nama stasiun karena ada beberapa nama stasiun yang sama, pastikan stasiun yang kita tuju adalah benar-benar stasiun yang kita cari. Pengalaman kemarin ternyata Stasiun Namba ada 2, Namba (Nankai) dan Namba (Subway). Isi tanggal dan waktu yang kita inginkan, untuk type biarkan terisi Departure. Setelah semua telah terisi, klik search.

Hasil pencarian akan terbagi dalam 5 kolom. Kolom pertama "Time", kedua "Route". ketiga "Fare", keempat "Seat Fee" dan kolom kelima "Usefull Link". Biasanya Usefull Link ada 3 kriteria : Map, Hotel dan  Rent a Car. 

Secara default Hyperdia.com memberikan 5 alternatif rute yang bisa kita pilih. Beginilah hasil pencarian Hyperdia.com yang tadi kita input. Saya akan coba jelaskan cara membacanya untuk 2 rute teratas. 

Hasil search Hyperdia.com
Rute 1. Berangkat pukul 10:05 dari Kansai Airport menggunakan kereta api "Nankai Ltd. Exp. Rapit 32" menuju ke Namba (Nankai). Perjalanan akan memakan waktu 37 menit. Setelah tiba di Namba (Nankai) perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki selama 7 menit ke Namba (Subway). Tiba distasiun tujuan pukul 10:49. Disebelah kotak Route 1 diberikan detail perjalanan seperti lama perjalanan, jumlah transfer (pindah kereta), jarak tempuh, total yang harus dibayarkan (biaya dan fee kursi) serta harga tiket untuk langganan 1, 3 dan 6 bulan.

Rute 2. Berangkat pukul 10:16 dari Kansai Airport menggunakan kereta api " Ltd. Exp. Haruka 14" menuju Tennoji. Untuk jenis kereta ini selain harga tiket juga ada harga untuk tempat duduknya. Lama perjalanan 32 menit. Sampai di Tennoji pindah kereta "Osaka City Subway Midosuji Line" berangkat pukul 10:55 sampai Namba (Subway) pukul 11:01. Detail perjalanan juga tersedia di sebelah kotak Route 2.

Jika rute tersebut masih belum pas, masih ada rute 3, 4 dan 5 untuk dikilik. Saya pilih Route 2 kemarin dengan pertimbangan sedang membawa 2 koper yang lumayan berat jadi butuh yang sedikit berjalan. Namun bila dilihat dari total yen yang harus dibayar lebih murah Route 1, jadi terserah kita mau pilih yang mana. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Banyak jalan menuju Roma.

Dengan Hyperdia.com kita bisa kalkulasi berapa besar biaya transport yang akan dihabiskan di Jepang. Lihat kembali itinerary yang telah dibuat, kemana saja akan pergi, dari mana dan turun dimana stasiunnya, lihat fare/biayanya, totalkan semuanya maka kita bisa memperkirakan budget yang akan digunakan untuk biaya transportasi selama ada disana. Selamat berhitung, semoga membantu.

Ada menu Search Details pada kolom form Timetable and Route Search, letaknya persis ada diatas tombol search. Untuk apa menu tersebut? Penjelasan detail akan saya jelaskan disini.
Menu Search Details Hyperdia.com

Label: , , ,


Komentar:
terima kasih buat tulisannya, nge bantu banget mbak
 
Terimakasih info nya..sangat membantu..��
 
Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



Link ke posting ini:

Buat sebuah Link



<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]