Senin, 01 Oktober 2007

 

Makanan penurun kolesterol

Sudah cek berapa kadar kolesterol anda ? Jika diatas normal mungkin sebaiknya anda mulai hari ini mengontrol apa yg anda konsumsi.

Berikut di bawah ini adalah macam-macam makanan, buah-buahan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, antara lain:

BAWANG PUTIH
Konsumsi bawang putih 1/2 - 1 siung sehari selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9 %. Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, malah akan berefek tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan di lambung. Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Namun berdasarkan penelitian lebih lanjut, khasiat senyawa ajoene bisa turun jika dimasak dengan digoreng, walaupun sebenarnya pengurangan khasiat itu tidaklah terlalu bermakna.

TEMPE
Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol, karena dalam tempe ada kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol tersebut. Selain itu kandungan niacin dalam tempe 5 x lebih banyak daripada kedelai, ada juga kandungan senyawa isoflavon yang juga sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.

TEH
Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.

ANGGUR
Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.

APEL
Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

ALPUKAT
Selama ini alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi oleh orang-orang yang kolesterol sedang tinggi, padahal sebenarnya buah ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol, karena ada kandungan asam lemak tak jenuh-nya yang memang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat.

BLUEBERRY
Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol.

Dalam buah blueberry ada komponen Pterostilbene yang menunjukkan efek yang menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya.

Kerja Pterostilbene ini, mirip dengan kerja dari obat penurun kolesterol, Ciprofibrate. Ciprofibrate ini efektif dalam menurunkan kolesterol dalam darah, tapi dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri otot dan mual pada beberapa orang. Sedangkan blueberry, yang bekerja pada reseptor sel hati sebagai target kerjanya, akan bekerja lebih akurat. Sehingga efek sampingnya juga lebih kecil.

Penelitian lainnya pada blueberry, menyebutkan bahwa Pterostilbene mungkin juga dapat membantu melawan kanker dan diabetes. Dan juga tidak tertutup kemungkinan dipakai untuk mencegah kegemukan dan penyakit jantung.

IKAN
Di dalam tubuh ikan itu sangat kaya akan asam lemak tak jenuh (omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
Berdasarkan habitatnya terdapat dua golongan ikan : ikan air tawar dan ikan laut. Habitat ikan memengaruhi kandungan zat gizi ikan. Ikan air tawar kaya akan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan laut kaya akan lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

Sumber : Mediasehat.com

Lebih lanjut mengenai makanan penurun kolesterol atau diet untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Label: ,


Komentar:
wow,,
thx ya, artikelnya sangat bermanfaat..
 
Sebenarnya setiap makanan memiliki manfaat masing-masing, dan jika pandai mengkombinasikannya dapat me"nawar"kan keburukan satu-sama lain, hanya saja butuh komitmen yang cukup berat untuk dapat membuat hal ini menjadi suatu kebiasaan yang rutin.
 
wow..thanks for info. Penting nih.
 
saya senang dengan artikel seperti ini.
 
Jaman sekarang yang makanannya serba menunjang penyakit emang perlu makanan yang bisa netralisir. Keren...
 
emmh klo makanan yang buat nambahin tekanan darah apa aja ya,tlongin daku nih
soalnya daku punya tekanan darah rendah n pingin sembug dari makanan yang alami gitu klo bisa bukan dari daging
thanks sebelumnya

untuk yang mau usaha kecil kecilan klik aja nih http://siwazz.myzoombase.com
http://siwazz.mywebinstant.net
 
thx bro atas infonya
 
wah menarik nih… patut dicoba.
makasih infonya
 
iya jaman sekarang cari makanan sehat susah. semua yg di jual buat penyakit yg mematikan
 
Wah, bagus nih infonya..
Bermanfaat bgt buat orang yg hobinya makan, terutama yg berkolesterol tinggi..
 
menarik..menambah wawasan..sesuai visi makanan yang kami jual di bandung untuk menjaga kesehatan tubuh. silahkan kunjungi dan follow http://tutut-mekarwangi.blogspot.com/ untuk menambah jaringan
 
*NUMPANG PROMO, yach….
Kamu seorang pengguna internet? Buktikan!! Hanya Untuk Anda pengguna Telkomsel. Daftar segera Handphone Anda dan nikmati layanan kami… Berbagai macam tips2 dan info seputaran Internet akan langsung Anda dapatkan, semua itu langsung dari Hp Anda. Caranya Gampang banget Anda hanya mengetik REG NET kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel yach..) Mari gabung,,, ^_^
 
Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]