Senin, 01 Oktober 2007

 

Tips menurunkan kolesterol

Berapa kadar kolesterol anda? Kadar kolesterol yg normal adalah dibawah 200 mg/dL. Bagaimana bila diatas itu? Itu sama saja mengundang penyakit hipertensi, jantung dan stroke. Ketiga penyakit kelas berat diatas bisa saja kita alami bila kita tidak dapat mengontrol kadar kolesterol kita.

Bagi anda yg mempunyai kadar kolesterol yg normal, jagalah agar tetap normal dan bagi yg sudah jauh diluar ambang batas normal berikut adalah beberapa tips yg dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol, antara lain :

1. Hindari atau kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi.
Contoh: jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula.

2. Olahraga.
Yang namanya kolesterol itu susah ditangani, yang berbahaya adalah jika kadarnya dalam tubuh kita tinggi. Agar kolesterol tidak menumpuk maka harus dikeluarkan secara paksa. Caranya dengan banyak beraktivitas fisik. Lakukan olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari.

3. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
Semua buah dan sayuran mengandung serat. Jadi, semua buah dan sayuran juga mampu menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat kolesterol sehingga tak beredar dalam darah. Sedangkan vitamin C untuk homeostasis alias pengatur keseimbangan kolesterol.
Yang perlu diingat, sayuran yang kaya vitamin C cukup direbus setengah matang. Kalau sampai matang, vitaminnya sama juga akan hilang percuma. Jika sayuran atau buah-buahan dibuat menjadi jus, dianjurkan untuk meminumnya bersama - sama ampasnya, karena ampas itu merupakan sumber serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

Sumber : Mediasehat.com

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol yang efektif adalah dengan diet. Diet yang teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik.

Label: ,


Komentar:
kalau ada yang baru kabari aku ya tq
 
okay
 
[...]Low Cholesterol Foods. When you first learned that your cholesterol level is too high, you might start to imagine the illnesses you will have to suffer if you cannot reduce the cholesterol level in your blood[...]
 
Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]