Senin, 07 Januari 2008

Resiko atau Risiko ?

Manakah menurut anda kata yang benar menurut tatanan bahasa Indonesia yang baku dan benar, Resiko atau Risiko?

Jika anda berpikir kalau resiko adalah jawaban yang benar maka ada kabar buruk yang harus anda dengar, anda salah. Tenang saja bukan anda sendirian saja kok yang salah, beberapa persen dari jumlah rakyat Indonesia di bumi ini mungkin juga salah, termasuk juga saya. Coba anda cek dengan search kata "Manajemen Resiko" pada google, pada hasil penelusuran akan terdapat 2 macam penulisan, resiko dengan e dan risiko dengan i.

Jika masih penasaran coba buka kembali Kamus Bahasa Indonesia anda. Coba anda cari kata resiko. Jika sudah lelah mencari, coba cari kata risiko, maka anda akan mendapatkan arti "akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan". Contoh dalam kalimat seperti "apa pun risikonya, saya akan menerimanya", "dia berani menanggung risiko dari tindakannya itu". Dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa, Cetakan kedua, Jakarta, Balai Pustaka, 1989.

Beberapa saat yang lalu, saya sempatkan membaca cetakan terbarunya di Gramedia untuk lebih meyakinkan diri. Dengan hati yang kalah saya terpaksa mengakui bahwa selama ini saya salah.

3 komentar:

Rr. Raihan Rizki Ramadhani mengatakan...

Terima kasih atas ilmunya. :)

Agung Dospi mengatakan...

memang benar, Risiko adalah kata yang benar :)

Agung Dospi mengatakan...

ternyata memang benar Risiko.