Selasa, 25 September 2007

 

Digging Jakarta

Jakarta sedang sibuk menggali saat ini. Sepengamatan saya disepanjang jalur saya berkendara dari depok ke sudirman via tugu tani PP terdapat beberapa titik lokasi penggalian. Lokasi tersebut seperti terlihat di Jl. Buncit Raya, Jl. HOS Cokroaminoto, Jl. Menteng Raya depan PPM, Jl. Cut Meutia, Jl. Teuku Umar, Jl. Gssy Ratulange dan Jl. Agus Salim.

Entah apa yg digali dan ditanamnya disana, tapi biasanya gak jauh dari pipa, kabel atau saluran air. Dibalik manfaat yg diperoleh dari penggalian tsb terdapat beberapa hal yg membuat saya merasa tidak nyaman dalam proses dan pasca penggalian tsb.

Yang pertama mengenai lokasi penggalian yg berada dipinggir jalan, hal ini tak urung membuat jalan semakin macet pada jam-jam sibuk. Kadang kala lokasi penggalian juga memakan ruas jalan sehingga memperparah kemacetan. Ingat galian kabel PLN di daerah mampang tahun lalu? Kedua mengenai menutup lubang. Para pemborong sepertinya tidak terlatih untuk gali lubang tutup lubang, mereka hanya gali lubang tutup lupa. Seandainya ditutup pun kondisinya tidaklah seperti sediakala, trotoar menjadi tidak landai dimana paving block disusun seadanya, gundukan tanah sisa galian yg ditinggalkan begitu saja sehingga mengganggu kenyamanan pedestrian. Percuma saja dibuat trotoar yg bagus jika pada akhirnya harus rusak lagi akibat galian.

Terakhir mengenai dampak dari penggalian itu sendiri. Ketika musim kemarau tiba, daerah sekitar tempat penggalian menjadi sangat berdebu dan menjadi sangat becek jika musim hujan sudah datang. Dampak lebih parah bisa saja terjadi jika para pemborong membuat saluran air menjadi mampat akibat sisa tanah galian yg tidak dibersihkan kembali sehingga menyumbat got. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan banjir. Sepertinya tidak ada kontrol dari si empunya pekerjaan yg mengharuskan pemborong sebisa mungkin membersihkan dan merapihkan hasil pekerjaannya seperti semula.

Apakah Jakarta akan terus menggali?

Label: ,


Komentar: Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]